Monday, February 23, 2015

Majalah Badilag Edisi Keempat (Juli 2014)




Setelah Majalah Badilag Edisi Pertama dan Majalah Badilag Edisi Kedua, dan Majalah Badilag Edisi Ketiga, Majalah Badilag Edisi ke 4 kembali terbit sebagai progress report diskusi hukum triwulan Lingkar Studi Hukum (Legal Studies Center) yg kali ini mengangkat tema "Kepercayaan Publik Terhadap Peradilan Agama Dalam Menyelesaikan Sengketa Ekonomi Syariah", dengan narasumber Muliaman D. Hadad., Ph.D., Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, dalam rangka tindak lanjut penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Kerjasama Pelatihan Hakim di Bidang Kebanksentralan dan Sektor Jasa Keuangan antara Mahkamah Agung (MA) bersama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK.

Majalah Edisi ke 3 mengangkat Laporan Khusus Sengketa Ekonomi Syariah dan Kepercayaan Publik yang disajikan dalam empat rubrik: Bersinar di Tengah Gulita; Memaparkan tentang apresiasi yang diterima oleh Pengadilan Peradilan Agama dari berbagai segi karena kualitas dan kepuasan terhadap layanan, Berkaca ke Pengadilan Manca, Mencari Akar Masalah Penyebab Ketidakpercayaan Terhadap Pengadilan Agama, dan Menggantang Asa Membangun Solusi

Rubrik lain yang disuguhkan oleh Tim Redaksi antara lain rubrik Judex Jurist (Putusan Kasasi ttg Benturan Asas Dalam UU Perbankan Syariah dan Akad Kontrak) dan rubrik Judex Facti (Putusan Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta tentang Pembuktian Akad Tidak Harus Dengan Bukti Tertulis. 

Disajikan pula dua rubrik Putusan Mancanegara, rubrik pertama membahas tentang penyelesaian sengketa Ekonomi Syariah di Malaysia, India, Inggris, dan Amerika Serikat, dan rubrik kedua membahas tentang contoh putusan sengketa ekonomi syariah dalam tingkat Kasasi di Mahkamah Agung Arab Saudi.

Pada rubrik opini, silahkan dinikmati tulisan dari Hakim Tinggi Palembang, Dr. Yasardin, SH., M.Hum., yang membahas tentang Urgensi Hukum Perjanjian Syariah Nasioal.

Seperti edisi-edisi sebelumnya, edisi kali ini juga menampilkan beberapa profil tokoh: Di rubrik Perspektif ada Prof. Mark Cammack (Professor of Law, Southwestern Law School, California USA), di rubrik Sosok ada profil Dr. H. Hamdan SH., MH. (Hakim Agung Mahkamah Agung RI), di rubrik Tokoh Kita ada profil H. Yahya, SH. (TUADA ULDILAG periode 1994-1998), dan rubrik  Inspirasi ada profil Muliaman D. Hadad SE., MBA., Ph.D.

Dalam rubrik Postur, diangkat bahasan tentang data tingkat pendidikan seluruh Hakim Pengadilan Agama se-Indonesia, dengan menitik beratkan pembahasan tentang regulasi pendidikan para Hakim dan konsep pendidikan yang tidak hanya sekedar mengejar gelar yang tersemat. Dalam rubrik Postur juga dipaparkan sekilas tentang Pengadilan Agama Selong (NTB) yang terkenal sebagai gudangnya perkara waris.

Kemudian ada pula rubrik Insight (JM. Muslimin, MA., Ph.D., Dekan Fakultas Hukum UI dan Dekan Fakultas Hukum dan Syariah UIN Jakarta dan Topo Santoso, SH., MH., PhD., Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia), Program Prioritas, PA Inspiratif, Resensi, dan beberapa rubrik menarik lainnya.

Pada edisi ini juga ada sajian baru, berupa menu Hisab Rukyat.

Majalah Peradilan Agama edisi keempat ini dapat diunduh gratis dari portal resmi Ditjen Badilag, www.badilag.net atau bisa diunduh di http://goo.gl/4Qcw0Y.

Semoga bermanfaat.

Regards.
Share this history on :
Comments
0 Comments

0 Komentar:

Post a Comment

Disqus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...