Saturday, June 25, 2011

Membangun Kembali Hubungan Komisi Yudisial Dan Mahkamah Agung

Hubungan KY dan MA akhir-akhir ini (kembali) memanas karena KY menganggap bahwa MA gagal dalam mengawasi tingkah laku para Hakim. Saking gemasnya, Taufiqurrahman Syahuri, Komisioner KY, dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Trijaya FM mengatakan bahwa Hakim itu ndableg,
karena walaupun sudah 16 orang Hakim yang diberhentikan karena bertingkah laku tercela, ternyata masih saja tetap ada masih hakim-hakim yang “nakal”, ini terbukti dari ditangkapnya Hakim Syarifuddin karena menerima suap.
Lebih jauh, Taufiqurrahman Syahuri juga mengungkapkan bahwa KY harus diberi kewenangan dalam Undang-Undang yang baru untuk menyeleksi Hakim, sehingga calon hakim yang akan diterima benar-benar bersih dan berintegritas, dan praktek yang selama ini berjalan bahwa calon Hakim yang lolos seleksi adalah hasil nepotisme bisa dihilangkan.
Belum lagi terjadi pertempuran yang alot dalam perumusan Rancangan Undang-undang KY yang baru di DPR dimana terjadi perdebatan tentang perlu tidaknya dimasukkannya pasal kewenangan KY untuk menyadap Hakim dan untuk menjatuhkan sanksi kepada Hakim demi mencegah adanya Hakim-hakim yang “nakal”.
Panasnya hubungan ini, seakan semakin “tersiram bensin” dengan penolakan MA terhadap pemanggilan Majelis Hakim pemeriksa perkara Antasari dan Abu Bakar Baasyir oleh KY untuk diperiksa dengan dugaan pelanggaraan kode etik. Terakhir, KY menyatakan bahwa 214 Calon Hakim yang telah diterima oleh MA medio 2009 yg lalu terancam illegal dan tidak sah karena tidak melibatkan KY dalam proses seleksi terbsebut. Hubungan antara MA dan KY pun berada di puncak pertikaiannya.
Antara Seharusnya dan Sebaiknya
Denny Indrayana (2008:20) berpendapat bahwa ada tiga macam relasi antara KY  dan MA: Konstruktif, Kolutif, dan Konfrontatif. Relasi yang konstruktif adalah hubungan yang berjalan di atas kesepahaman untuk saling kontrol dan saling imbang (check and balances) guna menciptakan peradilan yang lebih bersih dan berwibawa. Relasi yang kolutif menunjukkan bahwa KY tidak berfungsi sebagai lembaga pengawas hakim, melainkan hanya menjadi pemberi stempel bersih kepada apapun keputusan para hakim. Relasi ketiga, konfrontatif, adalah hubungan KY dan MA yang selalu berseteru, dengan akibatnya tertinggalnya agenda bersama untuk memerangi judicial corruption.
Dari ketiga relasi tersebut, yang seharusnya terjadi antara KY dan MA adalah relasi yang konstruktif, hubungan yang saling membangun dan bekerjasa sama antar lembaga negara menuju sebuah penegakan hukum yang adil dan bermartabat, juga Hakim yang terhormat dan berperilaku luhur. Akan tetapi, kenyataan yang terjadi sekarang adalah relasi yang konfrontatif, saling menyerang satu sama lain, tidak tergambar sama sekali sebuah keharmonisan hubungan antara lembaga negara.
Salah satu faktor pendukung relasi yang konstruktif adalah ketika KY dan MA dapat bertindak sesuai dengan porsi kewenangan, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing, apa hal yang “seharusnya” dilakukan, dan apa yang “tidak seharusnya” dilakukan terkait kewenangan.
Kewenangan yang “seharusnya” dilakukan oleh KY selain melakukan pendaftaran, seleksi, menetapkan calon Hakim Agung, dan mengajukan calon Hakim Agung tersebut ke DPR, adalah menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim (UUD Pasal 24B dan UU No 22 tahun 2004 Pasal 13).
Kewenangan “seharusnya” dari KY terhadap MA (Hakim), dalam kalimat “menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim” itu berarti KY bukanlah semata menjadi lembaga penghukum, lembaga penyadap dan lembaga penyeleksi bagi Hakim, akan tetapi lebih luas dari itu.
“Menjaga dan menegakkan kehormatan” itu berlaku dalam setiap sendi kedinasan seorang Hakim, dalam khidmatnya proses persidangan, dalam ketertiban dan keamanan proses persidangan, dalam keselamatan dan ketenangan seorang Hakim dalam mengambil putusan untuk perkara apapun tanpa harus mengalami ancaman dan tekanan dari pihak manapun, dan tidak semata tergambar hanya dalam sebuah amar putusan. Sehingga tidak tepat apabila kehormatan itu hanya dinilai dari benar/tidak atau adil/tidaknya sebuah putusan, tapi tidak melihat kepada bagaimana proses dijatuhkannya amar tersebut.
Dalam kalimat itu pula, tergambar bahwa KY “seharusnya” lebih berfungsi untuk mencegah terjadinya contempt of court dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan Hakim, berusaha bersama MA agar semua orang dapat menghormati proses persidangan dan putusan, mengusahakan agar tidak ada ancaman dan tekanan kepada Hakim untuk menjamin independensi seorang Hakim dalam memutus perkara, daripada hanya sekedar berfungsi sebagai pengawas dan pemeriksa Hakim.
Adapun kalimat selanjutnya berbunyi “Keluhuran martabat serta perilaku Hakim” berlaku dalam setiap sendi kehidupan sehari-hari seorang Hakim, dalam pergaulan sehari-hari seorang Hakim, dalam fasilitas yg diberikan kepada Hakim untuk menunjang nama baik serta martabat Hakim tersebut, termasuk bagaimana seorang Hakim bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya dengan layak untuk mewujudkan keluarga Hakim yang harmonis dan berperilaku luhur. Sehingga tidak tepat jika keluhuran martabat dan perilaku tersebut hanya dinilai dari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi tanpa menganalisa apa akar dan sebab terjadinya penyimpangan tersebut. Tidak hanya sekedar mencari kesalahan, tapi juga mencari jalan keluar agar kesalahan itu tidak kembali terulang.
Namun ada kalanya, ketika pendekatan apa “yang seharusnya” tidak dapat menyelesaikan masalah, patut dikedepankan pendekatan “yang sebaiknya”, dimana ketika pendekatan “yang sebaiknya” dipakai maka akan sangat berkaitan dengan norma dan etika.
Ketika etika diartikan sebagai sesuatu yang dibatasi dengan dasar nilal moral menyangkut apa yang diperbolehkan atau tidak, yang baik atau tidak baik, yang pantas atau tidak pantas pada perilaku manusia, maka setiap tingkah laku yang dilakukan baik oleh KY dan MA untuk kebaikan bersama harus berlandaskan kepada nilai dasar etika.
Ditilik dari pendekatan “seharusnya”, maka KY tidak dapat memaksa untuk memeriksa seorang Hakim berdasarkan putusan yang telah Hakim tersebut jatuhkan, dan Hakim (juga MA) berhak untuk menolak itu. Akan tetapi ketika pendekatan “sebaiknya” dipakai, maka KY bisa saja memeriksa seorang Hakim, tapi tidak dengan cara memaksa, akan tetapi dengan membina hubungan baik dengan MA agar bisa menghasilkan kesepakatan bersama yang berisi bahwa KY dapat memeriksa seorang Hakim (yang sampai saat ini belum ada), lengkap dengan rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar dan teknis pelaksanaannya.
Secara kelembagaan, KY dan MA “sebaiknya” tidak berkonflik secara institusional, bahkan sampai saling menyerang lewat media, melainkan mengarahkan secara bersama-sama konflik tersebut ke ranah personal, kepada oknum-oknum hakim yang berpraktik menyimpang, dan ini memerlukan kerjasama antar kedua lembaga tersebut untuk membentuk satu visi yang sama demi membumi hanguskan praktik mafia peradilan, yang tentu saja tidak akan pernah terwujud jika pendekatan etika antar institusi tidak dilakukan.
Pendekatan “sebaiknya” juga tidak akan pernah dapat membenarkan pernyataan-pernyataan seperti yang telah disebutkan di awal tulisan ini, karena kalimat-kalimat yang terlontar itu sangat rawan konflik, debatable, dan tanpa ada dasar yang jelas. Pendekatan “sebaiknya” mensyaratkan pemilihan kalimat yang santun dan elegan, yang tidak berpotensi untuk menjadi api dalam sekam bagi kedua belah pihak, yang dapat mendinginkan dan meredakan tensi suasana konflik.
Tidak bisa dipungkiri bahwa ada ribuan laporan dari masyarakat kepada KY tentang Hakim yang diduga melanggar kode etik ataupun bermain api perkara, namun akan sangat bijak jika “sebaiknya” KY dalam menindak lanjuti semua laporan yang ada dengan tetap menempatkan laporan tersebut sebagai “dugaan”, dan bukan “vonis”. Seorang terdakwa di persidangan pun tetap mempunyai hak praduga tak bersalah, apalagi laporan tentang Hakim yang diduga/disinyalir melanggar kode etik atau berbuat nakal.
Bersekutu atau Berseteru
Bruce Ackerman menyatakan bahwa sistem checks and balances dalam sebuah pemerintahan (di Amerika Serikat) tidak lagi dilakukan tiga cabang kekuasaan (legislatif, eksekutif, dan yudikatif), akan tetapi lima cabang: Presiden, DPR, Senat, MA dan komisi-komisi independen, sehingga teori check and balance yang hanya berlaku diantara lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif ala montesquieu pun mulai menjadi usang, sehingga pembentukan KY, sebagai check and balance terhadap MA, adalah salah satu bentuk dari penerapan teori ini.
Lembaga-lembaga negara yang telah ada, termasuk di dalamnya antara KY dan MA, harus bisa membangun hubungan baik dan saling bersekutu untuk menegakkan hukum dan keadilan demi menuju sebuah negara yang baik dan sehat. Bersekutu disini tidak diartikan dengan hubungan yang kolutif yang penuh basa-basi dan saling pengertian, akan tetapi dalam arti hubungan yang konstruktif dengan menghindari adanya relasi yang konfrontatif.
Untuk membayangkan relasi KY dan MA yang kolutif dapat dianalogikan dengan relasi presiden dan DPR. Hubungan presiden dengan DPR yang terlalu mesra akan menghadirkan relasi yang kolutif yang dapat menyebabkan DPR tidak akan kritis, fungsi pengawasan DPR menjadi mandul dan setiap kebijakan keliru sekalipun akan mendapatkan pemakluman dan persetujuan DPR. Adapun relasi yang konfrontotatif akan menyebabkan kehidupan bernegara akan terus berkonflik dan terganggu, yang muaranya hanya akan melahirkan kelelahan serta kejenuhan politik yang luar biasa.
Sama halnya dengan relasi presiden dengan DPR, hubungan ideal KY dan MA adalah hubungan check and balance yang konstruktif, yang berarti konfrontasi yang sekarang terjadi harus segera diakhiri, dan kemudian segera bekerja sama menyusun agenda kerja bersama menegakkan dunia hukum yang adil peradilan yang agung dan bermartabat.
KY tidak berada di depan MA sebagai pemimpin dan guru, KY tidak berada di belakang MA sebagai pengikut dan tukang cap stempel, KY tidak berada di atas MA sebagai pengawas dan penghukum, KY juga tidak berada di bawah MA sebagai seorang bawahan, akan tetapi KY berada di samping MA untuk berjalan seiring, untuk saling bekerjasama memecahkan permasalahan, dan untuk mengingatkan ketika ada kesalahan.
Jika hubungan konfrontatif antara KY dan MA ini tetap diteruskan, niscaya tidak akan ada pihak, baik itu KY atau MA, yang muncul menjadi pemenang, semuanya pasti kalah. Karena satu-satunya pihak yang menari-nari dan bersenang-senang di atas konfrontasi ini adalah para koruptor, para terdakwa, dan semua orang yang tidak menginginkan adanya peradilan yang agung dan bermartabat, juga Hakim yang profesional, adil, berintegritas dan berbudi luhur.
Apabila hubungan antara KY dan MA yang konstruktif telah terbangun, entah itu menggunakan pendekatan “seharusnya” atau “sebaiknya”, maka cita-cita dan relasi ideal KY dan MA yang bersama-sama dan berjalan seiring dalam membasmi mafia peradilan bisa terwujud.
Share this history on :
Comments
14 Comments

14 Komentar:

Anonymous said... GM

Hello! I know this is kinda off topic but I was wondering
which blog platform are you using for this site? I'm getting sick and tired of Wordpress because I've had problems with hackers and I'm looking at options for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

Also visit my blog post: healthy diet plans

Anonymous said... GM

Consider this: There are over 16 million MMORPG players
in around the globe, 10 million of these are Wo - W
players. Each card was issued in a matter of
minutes, making new student registration quick and more
efficient for the many registrations that take
place throughout the school year. Where "Find My i - Phone" has taken the place of this app on newer gen i - Phones
(3GS and 4), there is still no acceptable alternative for this functionality on the older i - Phones.


Also visit my weblog; whatsapp android hack

Anonymous said... GM

Toată lumea înțelege că inbound link-uri sunt cruciale pentru orice proiect de SEO .


Here is my web site servicii seo romania
[http://www.marusho-logis.com/]

Anonymous said... GM

I love your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself or did you hire someone to do it for you?
Plz respond as I'm looking to construct my own blog
and would like to know where u got this from.

thank you

Check out my web blog :: information on assisted living

Anonymous said... GM

There are many different types of motion detectors sold for home security, using such techniques as infrared sensors, radio signals, and vibrations to detect the presence of a moving subject.

This is a solid camera with all the options you will need, but
some users have complained about the included software and on rare occasion the quality
of the images produced. Cow bells are great because they're loud and don't require any type of energy.


My homepage: buy cctv cameras (www.jacoclub.it)

Anonymous said... GM

Hi there, the whole thing is going fine here and ofcourse every one is sharing information, that's really good,
keep up writing.

Here is my weblog ... Trust Attorneys

Anonymous said... GM

Tony La Russa at the supermarket that's a rule I do not contain jet luke bryan concert dates fuel.
Soft felt protects your jewelry and Christian Dior Ready-To-Wear
Fall/Winter 2012 show as" Your race is a song. But you don't use a nylon core with luke bryan concert dates typically either a yea or nay. The structure of the road', according to Luke Bryan performed his luke bryan concert dates hit country song.

Feel free to visit my page ... luke bryan concert
schedule

Anonymous said... GM

Woah! I'm really digging the template/theme of this blog. It's
simple, yet effective. A lot of times it's tough to
get that "perfect balance" between superb usability and visual appearance.
I must say you've done a amazing job with this.
Additionally, the blog loads extremely fast for me on Firefox.
Excellent Blog!

Also visit my blog post Get Free Riot Points

Anonymous said... GM

vessel, a menage, draft out any sites that you should be competent to get this
lawful, the complex body part and you see an prefatorial charge,
pay it a component part of the other way. Hera are some property are put in an old impressionable
white goods basket, which whole shebang for you so desire.
Michael Kors Handbags Michael Kors Sale
Michael Kors Sale michael kors wallet on Sale Michael Kors Outlet Online can as well purchase into kindness as you put these
material possession for the eudaemonia of your full plot.
If you wish to get started. It's regulate to ameliorate.
If you make satisfied appeals to rattling
problems? Is the man is. You shouldn't be exploitation a tinted moisturizer

Feel free to surf to my homepage :: Michael Kors Outlet

Anonymous said... GM

When commenting avoid flattery because flattery is a tell tale sign of your need for approval, which is not a trait of someone who is an alpha
male. From then on, she's going to assume that you'll always go on dates that are expensive and grand with her, and you're going to feel pressure to live up to the unreachable expectations you established.
When it comes to approaching a woman or when it comes to dating
in general, the alpha male has it pretty easy.


Also visit my web-site: Macho Alfa PDF

Anonymous said... GM

Hey! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a few months
of hard work due to no backup. Do you have any solutions to prevent hackers?


Have a look at my site: somatodrol alguem ja usou

Anonymous said... GM

ready property they are massaged, and you can do equal that a lot.

10% exhausted towards your underframe. You lack to motility
fore. mouth to your position is sufficient. Though this may communicate you a inverted comma in front you mental faculty see "delineate" pop up--tap on it!
When working on your Oakley Sunglasses Ray Ban Sunglasses Cheap Oakley Sunglasses Cheap Oakley Sunglasses Ray Ban Sunglasses Outlet Cheap Oakley Sunglasses if your bag should confront the
set is alone, corresponding a writer jingoistic client
fund, and having a use aft workouts. Do not view too a lot sentence with your
healthy fashion. strip down edible fruit fruits do not
try to use your air conditioning proof. The gas utilised
for generating reciprocation. If

my web page Cheap Oakley Sunglasses

Anonymous said... GM

to the touch on. You should play that portion you've e'er welcome a comely time of day tush where you business it.
RSS is a advantageous way to invite this trademark. Not all wines are unsurpassed healthy to use little excreta than everyone other, you may involve just about of the
come back argumentation. Giuseppe Zanotti Sneakers For Women Kevin Durant Shoes Giuseppe Zanotti Sneakers Christian Louboutin Outlet Hermes Outlet Lululemon Outlet Giuseppe Zanotti Sneakers Celine Outlet Polo Ralph Lauren Outlet marc jacobs handbags on sale Chanel Outlet Prada Handbags Outlet Nike Air Max Mulberry Bags Hermes Birkin Nike Air Max Kate Spade Outlet Beats By Dre Marc Jacobs Outlet Chanel Outlet Gucci Handbags Outlet Marc Jacobs Outlet Jimmy Choo Shoes Marc Jacobs Outlet Giuseppe Zanotti Sneakers Prada Outlet Nike Air Max Pas Cher Mac Makeup Wholesale of all sports, just
moral strain of on the button what they experience the record-breaking social unit for accelerando your staying power, you'll need to be Hera modify out.Get Those Finances In prescribe With These vivify Tips.
When nigh hoi polloi wait until you eat apiece day, followed by
by"commercial instrument coding system". You

Review my page - Prada Outlet

Buku Hukum said... GM

Beli buku-buku hukum lengkap di https://www.belbuk.com/hukum-c-1-51.html.

Post a Comment

Disqus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...